WHAT'S NEW?
Loading...

Wisata Lava Tour Merapi

Kerangka Sapi di Kampung Petung
Salah satu Icon Jogja untuk objek wisata alam adalah Gunung Merapi. Musibah yang pernah melanda Jogja di tahun 2010 ternyata membawa berkah setelahnya. Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi wisata lokal, nasional maupun internasional. Wisata ini dikenal dengan nama Lava Tour Merapi yang merupakan sebuah paket Tour Merapi yang dikelola oleh MLCC  (Merapi Land Cruiser Community). Ada beberapa paket pilihan untuk mengelilingi Lokasi tersebut, yang membedakan adalah tempat-tempat yang dikunjungi serta waktu kunjungan (sunrise/sunset). Durasi yang tersedia pun tergantung pilihan paket. Salah satu paket yang kami ambil adalah Paket 1 (short) pendek dengan Durasi perjalanan sekitar 1 sampai 1,5 jam. Harga paket 1 ini sebesar Rp. 425.000 untuk maksimal 5 orang, namun karena keluarga kami ada 6 dan aku adalah anak bawang, maka kami diperbolehkan menaiki 1 hardtop maksimal 6 orang dengan tambahan biaya menjadi Rp. 450.000. Adapun perjalanan yang kami tempuh nanti mulai dari Basecamp MLCC, kaliopak, kampung petung, museum jam erupsi, kampung kaliadem, bungker, batu alien.

Kali OPAK adalah satu sungai yang biasa diairi lahar dingin, saat ini sungai ini difungsikan Sebagai salah satu jalur wisata, karena sungai tersebut sudah kering. Sungai ini bisa dilihat ketika kita ingin berkunjung ke kampung petung menggunakan hardtop.

Memandang kali Opak dari kejauhan


Bekas kampung petung
Kampung ini dahulunya dihuni ratusan warga dan saat ini seluruh warga melakukan relokasi wilayah yang lebih aman. Dikampung ini pengunjung akan melihat puing-puing rumah warga yang terkena awan panas dari erupsi merapi tahun 2008. 

Kampung sisa hartaku, tertinggal sisa harta para warga

Al-Quran ini masih utuh, ketika barang lainnya habis menjadi abu

Sapi ini pun cuma tinggal tulang belulang

Sensasi menaiki rangka motor warga yang tersisa
Bangker kaliadem
Bangker ini terletak dikawasan wisata kaliadem, kurang lebih 5km dari puncak merapi. Bangker dibangun untuk perlindungan darurat dari awan panas gunung merapi. Pada tahun 2006 bangker ini tertimbun material panas. Pada tahun 2010 bangker ini kembali tertutup material dan saat ini telah dibuka kembali bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Bangker, Kaliadem 
Konon katanya tempat ini angker dan terdapat batu besar didalamnya, padahal secara logika batu tersebut tidak bisa memasuki pintu. Namun secara ilmiah, batu tersebut sebenarnya terbentuk dari kumpulan pasir-pasir didalam bangker hingga membentuk batu besar.

Batu Alien 
Merupakan salah satu batu besar yang berasal dari erupsi merapi 2010 yang berbentuk menyerupai wajah manusia, disamping batu alien pengunjung dapat melihat kali gendol yang merupakan jalur lahar panas yang berjarak kurang lebih 17 km dari puncak merapi

Batu Alien yang seperti wajah manusia

 
Tebing curam dekat batu alien

Diatas bukit bangker, kaliadem
Wajah Hardtop yang kami naiki
Hardtop yang kami naiki pada wisata kali ini sungguh mengerikan, tapi bersyukur masih lebih baik dari yang lain. dengan melewati jalanan yang curam, terjal serta bebatuan hardtop tersebut masih memiliki tiang untuk kami pegangan. Karena melihat hardtop lainnya ada yang tidak memiliki tiang untuk berpegangan. Benar-benar Petualangan pembuka yang mengasyikkan...

0 komentar:

Posting Komentar