WHAT'S NEW?
Loading...

Keindahan Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantu. Taman Buah Mangunan mulai dibangun oleh pemerintah kabupaten Bantul pada tahun 2003. Lokasi taman buah ini berada di ketinggian sekitar 150-200 mdpl dengan luas area mencapai 23.3415 hektar. 

Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke puncak jalan yang dilewati menanjak dan cukup curam. Tapi jalanan Dataran Tinggi Dieng masih lebih curam dan terjal dibanding jalan ke Kebun Buah Mangunan.

Mendengar nama Kebun buah mangunan, orang akan bertanya "banyak buah ya disana?" dan orang pasti berpikir buah tersebut bisa dipetik dan dimakan secara langsung (sebagai cicipan). Namun ternyata kebun buah mangunan tidak seperti taman mekarsari. Di kebun buah ini pengunjung bisa melihat berbagai macam pohon buah seperti rambutan, belimbing, durian, dll. Namun tidak diperbolehkan untuk memetik buah. Pohon-pohon dan buah hanya bisa dinimati ketika dalam perjalanan menuju puncak sembari menikmati suasana hijau yang khas pegunungan. Buah yang ada dipohon tersebut dibungkus dengan plastik, dan pemandangan lain yang dapat dilihat bukanlah sekedar buahnya, tapi Gardu pandang yang ada di bawah bukit. Di gardu pandang tersebut kita dapat melihat langsung ke Sungai Oyo dan Pegunungan Sewu.

Jalan menuju puncak Kebun Buah Mangunan

Indahnya pesona sungai Oyo dari puncak

Pemandangan disekitar

Terlihat desa dari atas puncak

Melihat pemandangan dari dekat tangga pembatas Gardu Pandang

Pemandangan dari sisi kiri

Pemandangan dari sisi kanan


Pesonanya Kebun Buah Mangunan adalah melihat pemandangan yang ada dibawahnya, terlebih kalau melihat sunset atau sunrise untuk melihat kabut. Biasanya tempat ini dibuat photo oleh para romeo n juliet karena keindahan pemandangannya. Tapi banyak juga pelajar SD yang datang kesini untuk studi tur. Fasilitas yang tersedia di sini tidak hanya pemandangan yang membuat decak kagum, tetapi juga aula untuk tempat pertemuan, pendopo, gazebo, joglo, mushola, area kemah dan kolam pemancingan serta sarana outbond dan pondok inap. Jadi kalau ingin mengadakan acara kemah, studi tur tentang flora sangat cocok untuk datang ke tempat ini.

0 komentar:

Posting Komentar