WHAT'S NEW?
Loading...

Menikmati Secangkir Kopi Luwak Jogya

Kopi Luwak adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah proses melalui saluran pencernaan binatang luwak, dimana binatang ini makanan utamanya adalah buah-buahan. Awalnya kopi luwak berasal dari Lampung Barat, Sumatera. Tetapi sekarang sudah bisa ditemukan dipulau jawa dan di seluruh dunia. Binatang luwak dipelihara diperkebunan. Keseharianya, binatang tersebut memakan buah-buahan, termasuk buah kopi. Buah kopi yang dimakan luwak adalah buah yang paling bagus, merah dan matang. Jadi buah pilihan yang akan disantap luwak adalah buah terbaik, dagingnya dimakan dan bijinya yang kemudian diproses di saluran pencernaan binatang luwak, biji kopi yang akan dikeluarkan melalui kotoran. Bareng sama kotorannya si luwak yang lainnya. Jadi, kopi luwak bukan berasal dari kotoran luwak (yang sebenarnya) ya teman-teman.. hanya prosesnya saja yang melalui perutnya si luwak. 

Harga kopi ini menjadi mahal karena prosesnya membutuhkan saluran pencernaanya si luwak tadi. Kemudian proses pembersihan biji kopi dari kotorannya juga menggunakan tangan manusia dengah hati-hati agar tidak rusak. 

Biji kopi luwak yang baru keluar dari kotorannya dan belum dibersihkan

aku ikut membantu membersihkan biji kop luwak dari kotoran
Dalam membersihkan biji kopi luwak, menggunakan cara manual yaitu tangan manusia. Aku mencoba untuk ikut membantu membersihkan bijinya. biji yang rusak akan mengurangi nilai jual


aku ingin coba yang lain aah,,,

membersihkan kotoran biji kopi termasuk salah satu seni dalam bekerja

Mesin penghitam biji kopi
Setelah biji kopi dibersihkan dari kotorannya, biji kopi tersebut akan di sangrai dengan mesin penghitam kopi seperti gambar diatas

jreng jreng ini hasil biji kopi yang di sangrai
Mba guide nya sedang menjelaskan kepada kami bagaimana biji kopi luwak di proses. Nah kami diberikan brosur bagaimana biji kopi luwak diproses. Ada dua versi bahasa yang digunakan, bahasa inggris dan jepang. Karena pelanggan kedai ini juga dari mancanegara, maka dibuatlah brosur dua versi. Orang Jepang termasuk orang yang menyukai kopi luwak. Jika datang ke kedai ini, mereka sangat menikmati biji kopi yang dimakan berbarengan dengan gula jawa.

versi inggris

versi jepang

tara.., ini biji kopi luwak yang sudah jadi untuk dijual

aku tak ketinggalan ingin mencoba biji kopi + gula jawa


Di kedai ini kami bersantai sambil menikmati secangkir kopi biji luwak. Tersedia juga dimeja berupa kacang untuk cemilan dan biji kopi  luwak serta gula jawa. Rasanya sangat enak jika makan langsung biji kopi dengan butiran gula jawa secara bersamaan. Rasa kopi luwak tidaklah pekat, kopi ini juga tidak menggunakan kafein, benar-benar asli. Jadi kopi luwak ini bukan kopi penahan kantuk dan baik untuk kesehatan apabila diminum setiap hari. Kopi yang disediakan disini ada dua jenis, kopi bubuk dan biji kopi luwak. Karena orang jepang lebih suka makan kopi dengan butiran gula jawa secara bersamaan sebagai cemilan, maka biasanya orang jepang akan langsung ngeborong gula jawa, soalnya dijepang adanya gula jepang hehehe. Harga yang ditawarkan untuk kami turis domestik harganya normal dibanding untuk turis asing. Berhubung bosnya mas ku orang jepang, beliau membeli satu bungkus biji kopi luwak plus gula merah sebagai bonusnya. Setelah lelah dengan perjalanan petualangan kami sejak pagi, kami sangat menikmati secangkir Kopi Luwak Jogya sambil bersantai. See you kopi luwak Yogya.


1 komentar: Leave Your Comments

  1. Aduh... jadi pengen nih secangkir kopi luwak yang hangat diwaktu hujan begini :)



    Ayo dapatkan buku-buku terbaru dengan diskon meledak hanya di :

    http://www.honbookstore.com

    BalasHapus